Tips Merawat Mesin Industri Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tanggal :2/2/2021 2:23:00 PM Penulis : MaxzerMesin

Bagi anda yang bergerak dalam bidang industri manufaktur, tentunya sebagian besar bisnisnya tergantung dari mesin dalam melakukan proses produksinya. Oleh karenanya, kinerja mesin akan sangat mempengaruhi profibilitas produksi yang ada. Proses kerja mesin yang tidak berjalan sempurna, akan mengakibatkan biaya operasional bertambah. Oleh karenanya, anda harus memperhatikan tips merawat mesin industri anda. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Perawatan Mesin yang Wajib Anda Tahu

1 Membuat Catatan Penggunaan Mesin

Membuat catatan penggunaan mesin adalah bagian penting guna memantau aktivitas operasional sehari hari. Catatan ini akan berguna untuk mengawasi mesin dan dapat mengetahui aktivitas mesin tersebut. Cobalah untuk mencatat setiap mesin yang sudah dilakukan perawatan. Anda juga harus rajin untuk memeriksa dan mengganti beberapa bagian untuk mencegah terjadinya downtime.

2. Mematuhi Jadwal Pemeliharaan

Untuk menghindari mesin yang tidak bisa digunakan secara total, anda harus rajin untuk mengawasi pemeliharaan mesin. Komponen pada mesin yang tidak berfungsi karena pemakaian memang tidak bisa dihindari. Oleh karenanya, anda harus mengganti mesin tersebut kepada teknisi yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, anda tidak akan merugi dengan pemeliharaan yang dibutuhkan tersebut.

3. Menjaga Kebersihan Mesin

Tidak hanya memperhatikan perawatan dan penggunaan mesin, tips merawat mesin industri adalah menjaga kebersihan mesin industri yang anda gunakan. Mesin industri yang jarang dibersihkan akan menyebabkan mesin mudah berjamur. Apalagi jika anda menggunakan mesin dengan bahan stainless steel. Anda harus membuat agenda rutin membersihkan mesin seperti seminggu sekali.

4. Sediakan Stock Spare Parts

Banyak sekali perusahaan manufaktur yang membuat rekomendasi untuk menyediakan daftar spare part pada mesin. Untuk menjaga kualitas dari mesin, maka alangkah baiknya untuk menyediakan stocks untuk parts mesin yang sering mengalami kerusakan. Hal ini adalah salah satu ide yang baik untuk mencegah beberapa item mesin rusak. Sehingga anda bisa langsung menggantinya tanpa menunggu lebih lama.

5. Melindungi Peralatan Selama Penyimpanan

Mesin yang berukuran besar haruslah disimpan dibawah penutup di tempat yang memungkinkan. Periksalah secara rajin mesin mesin yang anda miliki sehingga tidak berkarat. Hal ini akan membantu perawatan mesin menjadi lebih maksimal sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang. Jangan sampai mesin manufaktur untuk kebutuhan pabrik menjadi rusak sehingga memperlambat proses produksi.

Tips utama yang harus dimiliki oleh para pelaku industri manufaktur adalah rutin membersihkan mesin tersebut. Jika anda rajin untuk membersihkan mesin, maka sudah bisa dijamin jika mesin akan lebih awet dan tidak mudah berjamur. Sehingga proses produksi pun akan lebih maksimal serta keuntungan yang didapatkan akan optimal. Untuk mendapatkan mesin dengan kuliatas prima anda bisa langsung menghubungi PT Maxzer Solusi Steril baik pada website kami atau laman Instagram kami.

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot